Pungli di Kendari
Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Pemerintah Kota Kendari akan segera membentuk tim anti-pungutan liar (Pungli). Pembentukan tim ini, merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo kepada seluruh instansi pemerintahan untuk memerangi pungli dalam pelayanan publik.

Sekretaris Kota Alamsyah Lotunani mengatakan, setelah keluarnya perintah Presiden dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Pemkot belum membentuk tim hingga saat ini.

“Kita akan segera bentuk sesuai perintah Presiden. Setelah itu, baru kita kerja. Saya sudah sampaikan kepada seluruh aparat supaya untuk tidak melakukan pungli,” ungkap Alamsyah ditemui di Kantor Wali Kota Kendari, 1 November 2016.

Rencananya, pada pekan ini tim anti-pungli ini sudah terbentuk dan selanjutnya melakukan tugasnya berdasarkan mekanisme yang ada.

“Nanti kita lihat aturannya seperti apa mekanisme kerjanya.Kalau soal kebutuhan anggaran, bisa iya atau bisa tidak,” jelasnya.

BACA JUGA: Polda Sultra Bentuk Tim Sapu Bersih Pungli

Menurutnya, tim anti-pungli ini kemungkinan besar berasal dari Aparatur Negeri Sipil (ASN) lingkup Pemkot Kendari.

Sesuai dengan perintah Presiden, sebut Alamsyah, yang perlu diantisipasi terjadinya pungli adalah di sektor pelayanan publik. Seperti, Dinas Catatan Sipil, kelurahan dan lainnya. “Sebentar saya langsung suruh staf untuk buat tim,” ujarnya.

Meski demikian, Alamsyah belum bisa memastikan apakah setelah terbentuknya tim nanti akan dilakukan operasi tangkap tangan atau OTT terhadap pegawai pelayanan publik yang bandel.

“Apakah nanti lakukan OTT nanti kita lihat aturannya. Kalau di pusat, tilang di tempat. Kalau kita di daerah kita lihat dulu seperti apa,” katanya.

Bila ada yang terbukti melakukan pungli, Almasyah mengaku sudah ada sanksi yang ditetapkan dalam UU ASN.

“Sanksinya juga ada, kita lihat rujukannya. Ini kan baru dibentuk secara nasional. Merujuk pada UU ASN, hal yang dilarang dan tentu sanksi ringan, sedang, dan berat,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...