Sapi kurban
Sapi kurban diperiksa kesehatannya. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Resort Peternakan pada pemerintah Kabupaten Kolaka, melakukan pemeriksaan hewan di Kecamatan Wolo, Minggu 11 September 2016. Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi penyakit hewan berbahaya menjelang lebaran Iduladha 1437 Hijriah.

Kepala Resort Petenakan Kecamatan Wolo, Popalayah, mengatakan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan di lima desa di Kecamatan Wolo. Pemeriksaan ini sebagai upaya antisipasi penyebaran penyakit ternak yang dapat menular ke manusia.

“Pemeriksaan ini meliputi pengambilan sampel darah atau feses. Termasuk pemeriksaan fisik ternak dan keterangan kepemilikan ternak,” kata Popalayah.

Untuk tahap awal dilakukan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan luar hewan. Sementara untuk pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan organ dalam hewan dilakukan pasca pemotongan hewan kurban besok Senin 12 September 2016.

Popalayah memastikan dari hasil pemeriksaan awal ini, pihaknya belum menemukan adanya tanda-tanda penyebaran penyakit berbahaya itu. Walau demikian pemeriksaan hewan akan tetap dilakukan.

“Untuk pemeriksaan ini kami gelar selama sepekan yakni tiga hari sebelum lebaran dan tiga hari setelah lebaran,” jelasnya.

Penulis : Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...