Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat UHO. (INT)

Kabarkendari.com – Pemilihan Rektor Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari ditunda. Hingga kini, panitia pemilihan masih menunggu jadwal dari Menteri Riset dan Teknologi atau Menristek RI.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UHO, Prof Hilaluddin Hanafi mengatakan, sedianya pemilihan dilaksanakan pada 9 September, namun tiba-tiba dibatalkan. Ia mengaku belum mengetahui alasan penundaan itu.

Pembatalan dari jadwal sebelumnya tersebut, beber dia, disampaikan langsung Rektor UHO Prof Usman Rianse dalam rapat senat yang dilaksanakan pada 2 September 2016. Menurut Prof Hilaluddin, penundaan itu hal biasa, yang pasti pemilihan Rektor UHO Kendari tetap berjalan masih seperti biasa.

“Berhubung ada sesuatu hal di Kemenristek sehingga pemilihan rektor menunggu jadwal selanjutnya. Jadi, kita sekarang dalam posisi menunggu jadwal permanen dari Kemenristek,” terangnya kepada kabarkendari.com, Selasa 6 September 2016.

Dia mengungkapkan, dari hasil pemilihan senat yang digelar pada 23 Juni 2016, ada tiga calon yang memperoleh suara senat, yakni, Dr Zamrun mendapat 63 suara, Prof Buyung Sarita 23 suara, dan Prof La Rianda Baka memperoleh 12 suara.

Ketiganya, kata dia, belum bisa diprediksi siapa yang akan mememenangkan pertarungan untuk menggantikan kedudukan Prof Usman Rianse, karena di pemilihan yang akan datang sudah turut suaranya menteri 35 persen. Sehingga ketiga calon ini masing-masing memiliki peluang yang sama.

“Misalnya Prof La Rianda memiliki 12 suara tapi tidak menutup kemungkinan akan memperoleh suara terbanyak suara menteri nanti, kita belum bisa menebak. Demikian pula dengan Prof Buyung dan Dr Zamrun, semuanya berpeluang, yang menentukan terakhir adalah suara menteri,” tuntas Prof Hilaluddin.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...