Rumah Bersubsidi
Pemerintah Siapkan Rumah Bersubsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Kabar gembira bagi warga berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah layak huni. Kini, pemerintah pusat memberikan kemudahan untuk memperoleh rumah murah melalui subsidi.

Terbukti, Rabu 26 Oktober 2016 pagi tadi, dilaksanakan Pameran Rumah Rakyat 2016, di Gedung Olahraga Bahteramas Kendari, Sulawesi Tenggara. Pameran dibuka Wakil Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata, berlangsung mulai dari 26-30 Oktober 2016.

HM Saleh Lasata
Wakil Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata Meresmikan Pameran Rumah Rakyat 2016, di Gedung Olahraga Bahteramas Kendari, Rabu 26 Oktober 2016. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Dalam sambutannya, Saleh Lasata mengakui, banyak masyarakat Sultra sangat memerlukan bantuan perumahan, sehingga atas nama pemerintah dan masyarakat Sultra, ia mengucapkan terima kasih Kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah memilih Kendari sebagai spot pameran perumahan rakyat.

Saleh Lasata mengimbau kepada masyarakat Sultra untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Karena pemerintah pusat melalui program sejuta rumah telah mempermudah masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 4 juta untuk memiliki rumah layak huni.

BACA JUGA: OJK Sultra Pantau Realisasi Penyaluran KUR

“Bunga 5 persen, angsuran terjangkau, bebas PPN, dan DP ringan. Masyarakat harus memanfaatkan ini. Rumahnya tetap tipe 36, tapi kalau bisa luas tanahnya bisa sedikit ditambah lebarnya,” imbuh Saleh Lasata.

Sementara, Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, perumahan merupakan kebutuhan dasar manusia, selain sandang dan pangan. Hanya karena tidak memiliki kemampuan membeli sehingga masyarakat susah memperoleh rumah.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat telah memberikan subsidi, sehingga kesempatan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memperoleh rumah layak hini semakin terbuka. Ini bagian dari komitmen pemerintah,” ucap Asrun.

Wali Kota Kendari dua periode ini menambahkan, pemerintah kota siap memenuhi kebutuhan publik untuk pengaspalan jalan dalam lingkup BTN, asal pihak pengembang cepat menyerahkan aset ke Pemerintah Kota Kendari.

Pameran Rumah Rakyat
Sambutan dari Dewan Pengawas Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Mirna Amon. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Sementara itu, Dewan Pengawas Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Mirna Amon mengungkapkan, pemerintah pusat telah melakukan beberapa upaya untuk menyukseskan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Di antaranya, mencanangkan program sejuta rumah untuk warga berpenghasilan rendah, mencanangkan tabungan petumahan rakyat (Tapera) untuk pembiayaan rumah yang layak dan terjangkau, penyederhanaan izin agar pembangunan rumah bisa lebih cepat diselesaikan.

“Undang-undang telah menjamin hak setiap orang untuk memperoleh rumah layak huni,” pungkas Mirna.

Penulis : La Ode Kasman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...