Kasus Narkoba di lapas
Sejumlah napi di salah satu Lapas Klas II A Kendari. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Secara tiba-tiba Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara mengajak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra melakukan penggeledahan dan pemeriksaan di Lapas Klas 2A Kendari.

Penggeledahan dan pemeriksaan ini dilakukan Jumat 11 November 2016 malam, sekitar pukul 23.00 Wita, Kanwil Kemenkumham dan BNNP langsung memeriksa penghuni Lapas. Seluruh tahanan langsung diperiksa secara bergantian oleh Tim Kesehatan BNNP.

BACA JUGA: Razia Narkoba di THM, Petugas Temukan Kamar Mencurigakan

Sekitar 100 tahanan seluruh kejahatan, sampel urinenya diambil untuk diperiksa. Hasilnya 98 orang negatif sedang dua orang negatif mengkonsumsi obat dokter dan seorangnya lagi diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

“Alhamdulilah sebagian besar negatif semua dan tidak ada yang positif. Ada satu orang positif tapi karena habis minum obat dari klinik. Yang satu ini kita akan tidak lanjuti,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sultra, H. Muslim.

Menurutunya kegiatan ini didasari kerjsa sama atau MoU Kemenkumham dan BNN. Untuk menindaklanjuti program ini maka Kanwil Kemenkumham Sultra mengajak BNNP Sultra melakukan pemeriksaan di dalam Lapas Klas 2A Kendari.

BACA JUGA: Razia, Tim BNNP dan Polda Sultra Jaring 10 Pengguna Narkoba

Sementara itu, Kepala BNNP Sultra, Komisaris Besar Polisi Faudzan Djamal mengungkapkan, yang terbukti positif akan ditindaklanjuti oleh Kanwil Kemenkumham Sultra selaku pihak yang berwenang menangani tahanan yang terbukti menggunakan narkoba.

“Sudah menjalani pemeriksaan. Inisialnya SY yang positif narkoba yah. Tapi ini kita serahkan saja ke Kanwilmenkumham,” kata perwira polisi ini.

Penulis : Kamarudin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...