Hado Hasina
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Hado Hasina

Kabarkendari.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sultra memastikan, pembangunan Pelabuhan Bungkutoko akan dimulai Oktober tahun ini.

Kepala Dishub Sultra Hado Hasina mengatakan, anggaran telah disiapkan oleh PT Pelindo kurang lebih Rp 900 miliar yang terdiri dari Rp 600 miliar berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Rp 300 miliar dari modal sendiri PT Pelindo.

“Kalau groundbreaking (peletakan batu pertama) dimulai Oktober ini, kita perkirakan semuanya selesai pada 2018 nanti. Anggarannya sudah siap,” ungkap Hado di gedung DPRD Sultra, Rabu 28 September 2016.

Hado menguraikan, pembangunan Pelabuhan Bungkutoko ini tidak dibiayai oleh negara melainkan PT Pelindo sendiri. Nanti, kata dia, peran Dishub Sultra hanya sebatas regulator.

BACA JUGA: Koperasi Tunas Bangsa Mandiri Resmi Kelola TKBM Bungkutoko

Begitu pula soal pengerjaannya. Pimpinan proyeknya akan ditunjuk sendiri oleh PT Pelindo dan Pemprov Sultra, tinggal mengawasinya saja.

“Kita yang memanajemen mereka. Kita juga koordinator administrasi pelabuhan,” ungkapnya.

Pelabuhan Bungkutoko ini akan menjadi salah satu proyek terbesar di Sultra. Lahannya diperkirakan mencapai lebih 10 hektare. Nantinya, ini akan menjadi Kendari New Port yang menyangga pertumbuhan perekonomian Indonesia Timur.

Pembangunan pelabuhan ini merupakan salah satu impian dari Presiden Jokowi dengan program tol lautnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...