Pelayaran Domestik
Ilustrasi Pelabuhan. (Foto:www.unsplash.com)

MAKASSAR — PT. SITC Indonesia mengajak domestic shipping yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Pelayaran Nasional (INSA) Makassar mendukung konektifitas antar pelabuhan dan mengembalikan Makassar sebagai pusat maritim di Indonesia timur.

“Sebenarnya kami ingin melakukan sinergi antara SITC sebagai internasional shipping di Makassar dengan domestik yg membantu connectivitynya,” ujar Sales & Marketing Manager PT. SITC Indonesia, Majah Andriansyah saat dihubungi di Makassar, Kamis (27/10/2016)

Saat ini, lanjutnya peran domestic feeder atau kapal pengumpan sangat diperlukan untuk membantu merubah rute logistik yang selalu bergerak dari Jawa ke Makassar. “Makassar sudah berlakukan international shipping dan Bitung sudah mulai terkoneksi di Makassar sejak bulan kemarin,” ujarnya

Sedangkan pelabuhan lainnya, SITC mengaki masih terus mengajak wilayah-wilayah tersebut agar memperbesar atau menambah rute-rute ke Makassar.

“Bukan usaha yang mudah memang, sebaiknya ini dipahami dan mendapat support dari INSA di Makassar untuk membantu mengkomunikasikan dengan anggotanya. Tidak head to head,” ucapnya.

Peranan SITC di Makasar, kata dia bukan hanya mengangkut cargo untuk kebutuhan direct call. “Kami juga terus menggali potensi komoditas di Makassar. Bahkan kita langsung berkomunikasi dengan pihak pembeli di China, Japan dan negara lain, untuk membantu promosikan pelabuhan Makassar. Upaya ini jelas, apresiasi Pemprov Sulsel sangat jelas kepada kami saat puncak peringatan HUT Sulsel Ke-347,” ungkap dia.

SITC bersama importir di Makassar, ungkap dia telah memperkenalkan calon exportir di negara-negara tujuan. “Kami dalam project mempromosikan direct call dengan perusahaan-perusahaan manufaktur besar di Jakarta, agar mereka mengubah pola supply chain yang berpusat di gudang-gudang di Jakarta, untuk membuat storage di Makassar,” ungkapnya

Sebaiknya, kata dia pelaku pelayaran domestik bsa mendukung upaya SITC untuk menjadikan Makasar sebagai pusat distribusi di Indonesia Timur. (***)

Sumber: KabarMakassar.com

Facebook Comments
loading...