Pilwali Kendari
Wakil Ketua DPRD Sultra, Nursalam Lada. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sultra mendukung langkah H Hamin-Farid untuk menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton yang mencoret pasangan tersebut pada tahapan pendaftaran.

Wakil Ketua DPD PDIP Sultra Nursalam Lada mengatakan, sengketa pencalonan ini akan diserahkan sepenuhnya kepada DPP dan bakal pasangan calon.

BACA JUGA: KPU Persilakan Hamin-Farid Ajukan Sengketa Pencalonan

“Kalau ada celah hukum, kami mendukung langkah pasangan calon untuk mengajukan sengketa,” ungkap Nursalam kepada kabarkendari.com, Selasa 4 Oktober 2016.

Nursalam mengaku, partainya sementara masih mengkaji alasan KPU menolak pendaftaran Hamin-Farid. Mereka juga sedang menunggu bentuk surat keputusan KPU Buton.

“Kami akan terus mendukung Hamin untuk menggugat, selama memenuhi unsur administrasi negara. Semua orang diberikan hak untuk mengajukan sengketa,” ungkapnya.

Sejak awal, kata Nursalam, partainya mendukung pasangan Hamin-Farid. Namun, karena kendala administrasi dari salah satu partai pendukung maka KPU menolak pendaftaran mereka.

BACA JUGA: Begini Model Pemeriksaan BNN Terhadap Balon Kada di Sultra

“Kan masalahnya ini di internal PKPI. Jadi kita tidak punya usungan sekarang karena ditolak oleh KPU,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengaku ada ruang bagi Bakal Paslon untuk menggugat keputusan KPU di Panwaslu, PTUN hingga Mahkamah Agung.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...