derik
Ketua DPC Hanura Kota Kendari, Muhammad Yahya, menyambut kedatangan Derik saat mendaftar sebagai Bakal Calon Pilwali Kota Kendari. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Pasangan bakal calon Wali Kota Kendari Muhammad Zayat Kaimoeddin atau Derik dan Suri Syahria Mahmud sudah siap mendeklarasikan diri maju di Pilwali Kota Kendari 2017.

Ditemui di Grand Clarion Hotel, Kamis 8 September 2016, Suri Syahria Mahmud mengaku, deklarasi ini belum dipastikan kapan jadwalnya. Kemungkinan, kata dia, sebelum pendaftaran atau sesudah pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum KPU 21-23 September 2016.

“Setelah pulang pak Derik konsolidasi dulu. Kebetulan, kita lagi sibuk Musda Demokrat, mungkin setelah ini dibicarakan,” ungkapnya, Kamis 8 September 2016.

Menurut dia, pasangan berakronim Derik Bersyahria ini sudah final. Untuk sementara, mereka didukung oleh Partai Hanura 2 kursi, Partai Persatuan Pembangunan atau PPP 1 kursi, dan Demokrat 4 kursi. Kemungkinan besar, mereka akan didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P. “Sekarang juga pak Derik sedang urus pintu PDI-P,” katanya.

Jelang pendaftaran di KPU, lanjut dia, sudah ada komunikasi via telepon. Berkait dengan rancangan baliho, Suri masih akan komunikasikan dengan Derik.

Adanya isu tentang Derik yang pernah terpidana kasus korupsi, Suri mengaku tidak ada masalah. Selama seseorang punya hak politik untuk maju dan tidak dilarang undang-undang, maka berhak untuk maju di Pilkada.

“Beliau juga sudah jalani kok hukumannya. Tidak ada masalah karena dia punya hak juga,” ujarnya.

Di mata Suri Syahria, Derik dinilai sudah matang dalam pemerintahan. Mulai dari tingkat kelurahan hingga pejabat di Pemprov telah dilaluinya. Untuk itu, istri Ketua DPD Demokrat Sultra Muhammad Endang SA ini, tidak ragu dipasangkan dengan Derik.

“Selama ini, kita Demokrat hanya sebatas mendukung dan tidak mendukung kader di Kota Kendari. Dari sisi survei, pak Derik sangat bagus. Untuk itu, dari berbagai pengalamannya, Demokrat memilih Derik untuk berpasangan dengan kadernya” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...