deklarasi damai partai politik
Salah satu perwakilan parpol menandatangani nota kesepahaman deklarasi damai pilkada Sultra 2017. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – 12 partai politik di Sulawesi Tenggara, bersepakat untuk menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 mendatang dengan aman dan damai.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman deklarasi damai partai politik pengusung pasangan calon pilkada serentak 2017 yang ditandatangani perwakilan partai politik, KPU, Bawaslu serta Kepolisian Daerah Sultra.

Dalam nota kesepahaman itu, ada enam perjanjian yang siap dilaksanakan oleh 12 partai politik, yakni akan menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan NKRI, turut menjaga keamanan, ketertiban dan menaati peraturan yang berlaku.

“Ada empat poin penting lagi, yakni menciptakan demokrasi dan yang berkualiatas dan bermartabat, tidak mengangkat isu suku, saling menghormati dan menghargai dan mensukseskan pilkada serentak 2017 nanti,” jelas Agung dihadapan partai politik.

Deklarasi bersama ini penting demi tercapainya perayaan pesta demokrasi tujuh kabupaten/kota di Sultra, berjalan aman dan damai. Penilaian kepolisian, kader dan pendukung dari partai politik merupakan potensi kerawanan dalam pilkada mendatang.

Kepala Polda Sultra, brigadir Jenderal Polisi, Agung Sabar Santoso, mengatakan kegiatan ini sebagai upaya menyatukan persepsi terkait penyelenggaran pilkada di wilayah ini.

“Siap menerima kekalahan dan mengakui kemenangan pasangan calon. Jika ada kesalahan dapat diselesaikan dengan sengketa pilkada yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Agung.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...