Bupati Muna Rusman Emba
Bupati Muna Terpilih Rusman Emba Bersama Pendukungnya. (KABARKENDARI/Pandi)

Kabarkendari.com – Kendati sudah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada Selasa 23 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam akan tetap melantik bupati Muna terpilih LM Rusman Emba-Malik Ditu.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Rabu 24 Agustus 2016. Usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Lukman menjelaskan, Nur Alam masih menjabat sebagai gubernur dan akan tetap menjalankan tugas seperti biasanya.

Pada Senin 29 Agustus 2016, kata Lukman, Nur Alam tetap menghadiri pelantikan Rusman Emba dan Malik Ditu. “Tetap pak Nur Alam yang lantik. Beliau masih gubernur walaupun proses hukum tetap berjalan,” kata Lukman Abunawas kepada sejumlah media.

Saat ditanyakan keberadaan Nur Alam saat ini, Lukman Abunawas mengatakan, masih berada di Jakarta dalam urusan dinas yang sudah terjadwal jauh hari sebelumnya. Hanya saja, Lukman tidak mengetahui urusan apa.

Berhubung gubernur masih di luar daerah, maka untuk sementara waktu segala urusan pemerintahan pemerintahan diambil alih olehnya. “Bukan hanya saya yah. Ada juga pak wagub yang jalankan pemerintahan. Ini bukan karena dia tersangka, tapi sudah begitu sistem kerjanya. Kalau gubernur keluar daerah, yah kita yang jalankan,” terangnya.

Penulis: Kamaruddin
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...