Pelaku pembunuhan La Ode Alimin saat digelandang di Polres Kendari
Pelaku pembunuhan La Ode Alimin saat digelandang di Polres Kendari. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Pelarian La Ode Alimin, pelaku pembunuhan di Kota Kendari Kendari, Sulawesi Tenggara, berakhir di Kota Baubau.

Alimin ditangkap tim buru sergap Kepolisian Resor Kendari, di daerah Wonco, Senin 08 Agustus 2016 pada pukul 24.00 Wita. Kini pelaku sudah mendekam di sel tahanan Polres Kendari setelah menjalani proses pemeriksaan di ruang penyidik.

Menurut Kapolres Kendari, Ajun Komisaris Besar Polisi Sigid Haryadi, dalam penangkapan ini, pihaknya dibantu anggota Polres Baubau.

Sigid menjelaskan, La Ode Alimin menjadi daftar pencarian orang atau DPO sejak dua pekan lalu. Kepolisian berhasil mengidentifikasi keberadaan Alimin melalui salah seorang rekannya yang diamankan sebelumnya.

“Dari keterangan rekan pelaku, katanya dia di Kota Baubau. Kemudian kita selidiki, rupanya dia melarikan diri di rumah pamannya. Setelah semuanya informasi akurat, kami langsung turun melakukan penangkapan,” ungkap perwira polisi ini.

Lebih lanjut Sigid mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, keterangan pelaku menguatkan keterangan tiga rekannya yang diamankan sebelumnya bahwa Alimin adalah pelaku tunggal dalam kasus pembunuhan tersebut.

“Pelaku hanya melakukan penikaman seorang diri. Tidak dibantu oleh salah seorang rekannya. Karena pada malam kejadian rekan-rekan pelaku melarikan diri. Ini berdasarkan keterangan La Ode Alimin kepada penyidik,” tuturnya.

Mantan Kepala Bagian Bimbingan dan Karir atau Kabag Binkar Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara ini, pelaku dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Seperti diketahui, La Ode Alimin diduga terlibat kasus pembunuhan yang menyebabkan seorang mahasiswa tewas dalam perkelahian antar-kelompok pemuda terjadi Selasa 26 Juli 2016, dini hari. Dalam peristiwa itu juga, dua orang lainnya kritis di rumah sakit.

Korban tewas bernama Almunazar, mahasiswa sebuah perguruan tinggi ternama di Kota Kendari.

Korban tewas dengan luka tusuk pada bagian perut dan dada. Sementara rekannya Mail dan Hardianto mengalami luka parah.

Penulis : Egi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...