Ilustrasi. (Net)

Assalamualaikum, ustadz

Apakah boleh kita membayar zakat di awal ramadhan? Kalau boleh, bisakah zakat dengan membagikan beras ke tetangga secara langsung?

0821-4174-XXXX

wa’alaikumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh.

Secara hukum boleh mengeluarkan zakat fitrah di awal ramadhan, seperti yang pernah dicontohkan sahabat Anas bin Malik (pelayan setia nabi Muhammad shallallaahu’alaihi wasallam) -semoga Allah senantiasa meridhai mereka berdua- saat telah lanjut usia beliau tunaikan zakatnya di awal ramadhan. Dapat juga dikeluarkan 1 atau 2 hari sebelum lebaran sebagaimana hadits dari ibnu Umar -semoga Allah senantiasa meridhai mereka berdua-, beliau menyebutkan bahwa para sahabat biasa mengeluarkan zakat 1 atau 2 hari sebelum hari raya (HR Bukhari Muslim).

Ada juga waktu paling ideal, yaitu pada pagi hari raya sebelum shalat ‘id dilaksanakan. Akan tetapi, bila kesulitan (karena faktor waktu yang sempit), maka silahkan pilih waktu yang sebelumnya.

Adapun penyaluran zakat dapat disalurkan secara mandiri, anda bagikan sendiri kepada tetangga anda yang kurang mampu, bahkan lebih utama lagi bila disalurkan kepada kerabat yang di luar tanggungan kita seperti paman, bibi, saudara/i yang kurang mampu, sebab akan memperoleh 2 pahala: pahala sedekah dan silaturahim.

Bila diamanahkan kepada amil zakat, usahakan memilih amil zakat yang amanah, agar zakat kita tepat sasaran. hanya Allah yang dapat memberi taufik. amin.

Facebook Comments
loading...