Festival Media 2016
Sekjen AJI Indonesia, Arif Bambani, Saat Memberikan Sambutan dalam Festival Media 2016. (KABARKENDARI/PANDI)

Pekanbaru – Pada pelaksanaan Festival Media 2016, Aliansi Jurnalis Independen atau AJI Indonesia memilih Provinsi Riau sebagai tuan rumah. Salah satu kampanye yang didengungkan AJI di Festival Media kali ini adalah media cerdas melestarikan bumi.

Sekretaris Jenderal AJI Indonesia Arfi Bambani mengaku, pada Festival Media yang kelima ini, AJI Indonesia sengaja memilih Riau menjadi tuan rumah.

“Pekanbaru kota pertama di luar Jawa dilaksanakannya Festival Media ini. Sebelumnya, di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta,” ungkapnya saat memberikan sambutan di acara jamuan makan malam di Gedung Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, Jumat 18 November 2016.

BACA JUGA: Wali Kota Pekanbaru: Media Jadi Spirit Pemerintah untuk Berbenah

Menurut Arfi, alasan memilih Pekanbaru adalah gara-gara asap. Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau secara umum menjadi daerah terparah ketika terjadinya kasus kabut asap akibat kebakaran hutan. “Hal ini yang membawa kami puluhan jurnalis untuk bertemu di sini,” katanya.

Selain masalah asap, Festival Media ini terkonsepkan tentang kampanye dan mengajak masyarakat untuk dekat dengan media. “Dalam acara ini, bisa juga masyarakat bermain dan belajar menulis,” ujarnya.

Bagi AJI sendiri, Festival Media ini adalah sarana konsolidasi bagi pengurus dan pegiat AJI se-Indonesia. “Ini juga menjadi ajang silaturahmi. Setiap tahunan acara ini dilaksanakan dan ini lebih besar dari kongres. Karena, beberapa AJI kota membawa anggotanya lebih dari 10 orang,” paparnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...