njop kendari
Kadis Pendapatan Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, tengah menjajaki kerja sama dengan PT Pos Indonesia Kendari untuk mempermudah masyarakat membayar Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB.

Kadispenda Kota Kendari, Nahwa Umar, mengatakan kerja sama dengan Kantor Pos penting dilaksanakan untuk memaksimalkan pendapatan PBB. Karena, aku dia, selama tiga tahun terakhir ini pendapatan PBB kerap tidak memenuhi target.

“Memang dari tahun 2014 hingga 2016 itu masih banyak masyarakat yang tidak membayar pajak. Kita tidak bosan untuk mengingatkan kesadaran masyarakat untuk wajib membayar pajak,” ujar Nahwa saat ditemui usai acara sosialisasi PBB di Aula Bertakwa Sekretariat Kota Kendari, Senin 30 Januari 2017.

Dia menuturkan, saat ini pembayaran pajak dilakukan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Sultra. Namun, menurut dia, masih banyak masyarakat yang belum paham pembayaran di Bank sehingga untuk lebih memudahkan masyarakat, pihaknya melakukan kerja sama dengan Kantor Pos.

Nahwa menambahkan, sebelum resmi bekerjasama dengan PT Pos, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada RT, RW dan Lurah se-Kota Kendari. Salah satu tujuannya yakni untuk mendengar masukan dari pihak-pihak di kelurahan.

“Kita tunggu dulu masukan pihak-pihak dari setiap kelurahan. Tapi memang kalau pembayaran di Kantor Pos akan lebih cepat, karena kadang masyarakat belum tahu cara membayar di Bank. Di Pos kapan saja masyarakat dia datang membayar, bisa,” katanya.

Lebih lanjut Nahwa menuturkan, jika pihaknya jadi bekerjasama dengan PT Pos maka biaya administrasi tetap akan ditanggung wajib pajak. Sebab, jika pemkot yang bayur takutnya akan menjadi temuan pemeriksa keuangan.

“Biaya administrasi akan dibayar wajib pajak. Dan Kantor Pos hanya tempat pembayaran, kalau ada klaim silakan ke dispenda,” pungkas Nahwa.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...