KPU Sulawesi Tenggara Tunda Proses PAW Surunuddin
Ketua KPU Sulawesi Tenggara Hidayatullah mendampingi Ketua KPU RI almarhum Husni Kamil Manik saat melaunching Sekretariat Pusat Promosi Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Sultra, beberapa waktu lalu. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com РKomisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara menunda sementara proses pergantian antarwaktu atau PAW mantan anggota DPRD Sultra yang kini menjabat Buparti Konawe Selatan Surunuddin Dangga.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, penundaan ini akibat dari keluarnya surat keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar tentang penundaan pemecatan tiga pengurus Mudin Musa, Rizal, dan Tahir Kimi.

“Kita mendapatkan surat tembusan dari DPP Golkar tentang penundaan pemecatan kader Golkar. Makanya, proses PAW kita tunda sementara sambil menunggu keputusan Mahkamah Partai Golkar,” jelas Hidayatullah, Kamis 4 Agustus 2016.

Hidayatullah melanjutkan, pihaknya telah menggelar pleno dan menyurat kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Sultra terkait penundaan usulan PAW.

Hingga saat ini, kata Hidayatullah, belum ada keputusan dari Mahkamah Partai Golkar tentang nasib ketiga kader beringin tersebut.

Bila dalam keputusan mahkamah partai nanti menegaskan pemecatan ketiga kader Golkar tersebut, pihaknya menunggu usulan baru dari partai dan DPRD Sultra.

“Jika pemecatan itu dibatalkan, maka tergantung kebijakan partainya lagi. Kita hanya menunggu usulan saja dan DPRD. Kita juga akan menyerahkan nama calon PAW dengan perolehan suara terbanyak berikutnya,” ujarnya.[irp posts=”1671″ name=”Ishak Ismail Ramaikan Persaingan di Golkar Sultra”]

Pemecatan tiga kader Golkar ini cukup panjang perjalanannya.

Usai Surunuddin Dangga mengundurkan diri dari DPRD Sultra, Golkar langsung mempersiapkan PAW. Nama yang diusulkan adalah Subhan Tambera karena dia yang memperoleh suara terbanyak setelah Surunuddin. Namun, di tengah perjalanan, Subhan meninggal dunia.

Dalam jangka waktu yang tidak terlalu jauh, DPD Golkar Sultra mengusulkan ke DPP untuk memecat tiga kader, Mudin Musa, Rizal, dan Tahir Kimi.

Dari usulan DPD Golkar Sultra, DPP memutuskan mereka dipecat. Namun, ketiga kader ini meminta pembelaan di Mahkamah Partai Golkar.

Atas pembelaan, Mahkamah Partai mengeluarkan keputusan untuk menunda pemecatan ketiganya.

Saat ketiganya berkutat membela diri di Mahkamah Partai. DPD Golkar Sultra mengusulkan Andi Sakra sebagai PAW Surunuddin.

Andi Sakra sendiri merupakan kader Golkar yang perolehan suaranya di bawah Mudin Musa di dapil Konawe Selatan-Bombana.

Untuk itu, berangkat dari keputusan Mahkamah Partai Golkar, KPU belum bisa memproses usulan PAW Surunuddin.

Penulis: Pandi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...