KPU Kota Kendari
Ketua Divisi Teknis dan Data KPU Kota Kendari, Yasir. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari telah mendeteksi adanya 6.826 pemilih ganda dari 193.432 Daftar Pemilih Sementara Pilwali Kota Kendari 2017.

Ketua Divisi Teknis dan Data KPU Kota Kendari, Yasir mengatakan, data ganda ini merupakan hasil penyesuaian dengan Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah atau Panwaslih.

Seluruh data ganda ini sementara dalam proses faktualisasi di lapangan bersama KPU, Panwaslih dan tim pasangan calon.

“Kita sudah perintahkan PPK untuk bersama-sama dengan tim paslon dan Panwaslih untuk melakukan klarifikasi di lapangan. Sebab, nama ganda ini tidak bisa langsung dihapus karena butuh diverifikasi dulu,” kata Yasir ditemui di ruang kerjanya, Kamis 24 November 2016.

Yasir mengakui ditemukan sekitar 381 pemilih ganda dalam satu TPS dan sebanyak 6.445 ganda di luar TPS.

“Kemarin ada menurut panwas ganda. Contoh Abdul Halim di Wuawua ganda dengan Abdul Halem karena tanggal lahir sama. Setelah difaktualisasi, ternyata hanya mirip dan ada orangnya,” jelasnya.

Dari fakualisasi lapangan yang dilakukan PPK, untuk saat ini yang telah tuntas adalah Kecamatan Kadia.

“Kita panggil calon untuk jalan bersama memastikan data itu betul atau layak dihapus. Semua kecamatan sudah dilakukan. Yang tuntas menyelesaikan data adalah di Kadia. Sebab, di Kadia tidak ada temuan ganda,” ujarnya.

KPU, kata Yasir, sudah membuka ruang klarifikasi bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT hingga 19 November kemarin. Kalau masih ada masyarakat yang belum melapor sementara dia punya identitas, maka akan diminta tanggapan Panwaslu apakah mereka harus diakomodir atau tidak.

“Misalnya masih ada yang belum melaporkan maka kita minta tanggapan ke Panwas kita kasi masuk. Kita tidak mungkin hilangkan hak pilihnya masyarakat,” tegasnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...