kpu kota kendari
Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari telah siap menerima pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota Kendari 2017, 21 hingga 22 September 2016.

Pendaftaran dibuka pada Rabu dan Kamis, pukul 08.00 sampai 16.00 Wita dan ditutup pada Kamis pukul 24.00 Wita. Setiap pasangan bakal calon diwajibkan menyertakan dukungan parpol minimal tujuh kursi di dewan atau koalisis suara parpol minimal 30.091 suara.

“Kalau kurang dukungannya tidak diterima mendaftar. Karena itu syarat pencalonan dan mutlak,” kata Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu.

Surat keputusan dukungan harus berdasarkan keputusan DPP Partai Politik yang ditandatangani oleh Ketua dan sekretaris parpol bersangkutan.

“Sekarang terukur. Beda dengan dulu, ditandatangani oleh Ketua atau wakil sekretaris. Sekarang, menjadi ukuran keputusan DPP. Ketua dan sekretaris di tingkat kabupaten ikut menandatangani formulir KWK dukungan dan membawa SK dari DPP,” ujarnya.

Pada saat mendaftar, tidak boleh ada yang diwakili baik pasangan bakal calon maupun Ketua dan sekretaris Partai Politik di daerah masing-masing.

“Dua duanya harus hadir Paslon. Kalau tidak hadir, harus ada surat keterangan dari pihak terkait. Misalnya kalau sakit harus ada keterangan dokter,” katanya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
EditorĀ  : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...