KPU Kendari
Anggota KPU Kota Kendari, Ade Suerani. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menjadwalkan kegiatan debat kandidat pasangan calon walikota dan wakil walikota Kendari pada 28 Desember 2016.

Anggota KPU Kota Kendari Ade Suerani mengatakan, pihaknya akan menggelar dua kali debat di Pilkada 2017 ini. Pertama dalam bulan ini dan kedua digelar pada sekitar Januari 2017.

“Kita sudah jadwalkan dan dipastikan akan digelar. Kita akan gelar pukul 20.00 Wita di salah satu hotel di Kendari,” ungkap Ade Suerani, Selasa 13 Desember 2016.

Dalam debat nanti akan dipandu tiga akademisi dan satu dari organisasi profesional bidang lingkungan hidup. Mereka akan ikut menjadi tim penyusun materi debat.

Teknis debat nanti, lanjut Ade, akan dibagi dalam enam segmen. Pertama, pembacaan visi misi para kandidat. Sesi kedua, penajaman visi misi oleh moderator. Sesi ketiga, sesama Paslon akan saling bertanya.

“Sesi keempat, debat calon tentang sanggahan masing-masing. Dalam debat ini akan berlangsung selama120 menit,” paparnya.

Ade menambahkan, debat publik nanti akan disiarkan langsung oleh salah satu televisi dan dilaksanakan dalam ruang tertutup. “Sehingga, orang di rumah bisa nonton dan orang yang selama ini bekerja bisa nonton di rumah saat malam,” bebernya.

Dalam acara debat ini, KPU membatasi jumlah undangan. Masing-masing paslon hanya bisa membawa 60 orang pendukungnya.

“Undangan lain, dari kalangan masyarakat disabilitas sebanyak 20 orang, pelajar 30 orang dan kami juga akan undang KPU kabupaten atau kota sebanyak enam orang. Termasuk pempred media juga. Total undangan 350 orang,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...