Pelantikan PAN Umar Samiun
Pelantikan Pengurus PAN Sultra Periode 2016-2021. Samsu Umar Abdul Samiun resmi menduduki jabatan Ketua DPW PAN periode 2016 sampai 2021 mengantikan ketua sebelumnya Nur Alam. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Buton Umar Samiun sebagai tersangka dalam kasus suap mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dalam memuluskan sengketa Pilkada Buton 2012 lalu.

Hal ini dibenarkan pimpinan KPK La Ode Muhammad Syarif, saat dihubungi kabarkendari.com melalui selulernya, Rabu 19 Oktober 2016.

Kendati tidak menjelaskan secara detail, namun Syarif membenarkan pernyataan pimpinan KPK lainnya, Saut Situmorang bahwa telah dikeluarkannya surat perintah dimulainya penyidikan kasus suap Umar Samiun.

“Pernyataan Pak Saut Situmorang adalah benar adanya,” singkat La Ode Syarief membenarkan pernyataan Saut Situmorang tentang dikeluarkannya surat perintah dimulainya penyidikan Umar Samiun.

Namun demikian, Syarif belum mau menyebut agenda KPK selanjutnya dalam memproses kasus suap Umar Samiun ini.

BACA JUGA: KPK Akan Periksa Kembali Bupati Buton

“Soal teknis dan kapan penyidikan akan dilakukan tidak bisa kami jelaskan karena itu menyangkut strategi dan materi penyidikan. Untuk jelasnya, tanyakan saja kepada Humas KPK,” ujarnya.

Kasus dugaan suap yang dilakukan Umar Samiun terhadap Akil Mochtar mencuat sekitar tahun 2012 dalam pengurusan dan pemulusan sengketa pilkada Buton yang berakhir di MK.

Kala itu, Umar dilaporkan telah memberikan suap sebesar Rp 1 miliar dari total Rp 6 miliar yang diminta Akil Mochtar.

Aliran dana ini pun diakui Umar Samiun dalam proses sidang Akil Mochtar. Umar mengaku terpaksa menyerahkan uang tersebut karena diancam oleh Akil bahwa kemenangannya akan dianulir.

Dalam kasus suap terhadap Akil, KPK telah menetapkan beberapa kepala daerah sebagai tersangka. Bahkan, diantaranya sudah berada dalam jeruji besi.
Terakhir, KPK telah menjebloskan Bupati Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri, ke hotel prodeo. Selain kasus suap Pilkada Buton, KPK masih menyisahkan lagi satu perkara suap yakni yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur saat ini Soekarwo.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...