Evakuasi KM Damai
Proses evakuasi KM Damai oleh tim Basarnas Kendari. (KABARKENDARI/Humas Basarnas Kendari)

Kabarkendari.com – Sebuah kapal pemuat sembilan bahan pokok atau sembako bernama KM Damai GT 06, Senin 5 September 216, terombang ambing selama tiga jam di laut lepas perairan Sulawesi Tenggara.

Akibatnya, kapal dengan rute Kendari menuju Wawonii ini, harus dievakuasi oleh Tim  Badan SAR Nasional Kendari dan dibawa ke Pelabuhan Nusantara Kendari.

Menurut Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, pihaknya menerima laporan dari seorang pria bernama La Niki, warga Kendari, pada pukul 22.00 Wita, kemarin. Katanya, kapal KM Damai GT 06, mengalami kebocoran di tengah laut Sultra, tepatnya di Pulau Saponda Tengah, Kabupaten Konawe Selatan.

“Laporannya pada saat kami terima katanya KM Damai GT 06 ini bocor dan air laut sudah mulai masuk dalam badan kapal. Kami langsung bergerak dan melakukan evakuasi,” kata Wahyudi.

Dijelaskannya, Tim Rescue Kantor SAR Kendari dalam melakukan evakuasi dipimpin langsung oleh Kasiops dengan menggunakan RIB (rigid inflatable boat) milik Basarnas Kendari  menuju tempat kejadian musibah atau TKM. Dari hasil evakuasi untungnya tidak ada korban jiwa dari kejadi tersebut.

“Pada pukul 01.00 Wita, kami berhasil menemukan dan mengevakuasi seluruh penumpang dan kapal berhasil sandar di pelabuhan kendari dalam keadaan selamat,” jelasnya.

Lebih lanjut Wahyudi menerangkan, kapal tersebut dikemudian oleh Mursalim dan ditemani oleh Kepala Kamar Mesin atau KKM bernama Sarman. Keduanya saat ini sudah menjalani pemeriksaan oleh SAR Kendari.

Penulis : Kamarudin
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...