Harga Kambing di Kendari
Menjelang Iduladha, harga kambing di Kota Kendari masih normal. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Empat hari menjelang hari raya Iduladha 1437 H, ternak kambing untuk hewan kurban mulai laris. Hanya saja, pembelian belum meningkat secara signifikan. Harganya pun masih normal.

Salah satu pedagang kambing, Samsuddin mengaku, dalam dua hari terakhir sejak Selasa hingga Rabu, ia sudah menjual delapan ekor.

“Harganya masih normal, bervariasi tergantung besarnya, mulai dari Rp 1,7 juta sampai dengan Rp 3 juta per ekor,” ujar Samsuddin saat ditemui di tempat jualannya, Jalan ZA Sugiyanto, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kendari, Kamis 8 September 2016.

Pria 31 tahun ini mengungkapkan, dirinya sudah tiga tahun menjual hewan kurban jenis kambing. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, pembelian meningkat satu hari sebelum lebaran.

Samsuddin menyampaikan, kambing-kambing yang dijualnya dibeli di Sulawesi Selatan dengan untung antara Rp 100-200 ribu per ekor. Tahul lalu, kambingnya laku 50 ekor.

“Saat ini kambing yang bisa masuk kurban ada 27 ekor. Paling kambing itu sakit hanya pengaruh makanan, biasa mencret. Dan kalau sakit saya tidak jual,” akunya.

Lebih lanjut Samsuddin mengatakan, walau kambingnya sudah dibeli namun pembeli kadang tidak langsung mengambilnya. Dan ada juga yang masih membayar panjar sebesar Rp 1 juta.

“Nanti satu hari sebelum lebaran baru diambil. Kadang juga yang datang ambil sendiri, ada juga yang minta antar dengan ongkos antar Rp 50 ribu,” tuntas pria satu anak ini.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...