pilrek uho kendari
Ketua Senat UHO Kendari, Dr Aminuddin Mane. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Jabatan Profesor Usman Rianse sebagai Rektor Universitas Halu Oleo Kendari berakhir hari ini, Rabu, 23 November 2016.

Untuk mengantisipasi kekosongan jabatan rektor UHO, mestinya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan surat keputusan (SK) penunjukan rektor paling lambat hari ini.

BACA JUGA: Jabatan Usman Rianse Berakhir, Pilrek UHO Kendari Belum Jelas

“Harusnya memang SK keluar hari ini paling lambat pukul 24.00 Wita. Kalau tidak keluar Kemenristekdikti melakukan pelanggaran administrasi berat, tidak bisa kosong jabatan,” ujar Ketua Senat UHO Kendari, Dr Aminuddin Mane Kandari, Rabu 23 November 2016.

Aminuddin menerangkan, ada tiga kemungkinan yang ada dalam SK Kemenristekdikti, yakni jabatan Profesor Usman diperpanjang, menunjuk salah satu Wakil Rektor UHO Kendari, dan menunjuk salah satu pejabat eselon I Kemenristekdikti.

Menurut dia, jika nantinya Kemenristekdikti menunjuk orang lain maka tidak bisa dikatakan sebagai pelaksana tugas atau Plt, karena Plt tidak bisa menandatangani ijazah, sehingga namanya tetap rektor. Hanya saja masa jabatannya satu tahun.

“Jika kemudian kementerian menunjuk pengganti rektor dan dilakukan pemilihan rektor, kemudian melahirkan satu rektor terpilih. Itu yang kami belum tahu, tetapi masa jabatan pengganti sementara itu paling lama satu tahun. Saya tidak tahu apakah misalnya langsung ada pelantikan,” tuturnya.

“Karena intinya kan untuk menyelesaikan pemilihan rektor itu, apalagi misalnya dari kementerian penggantinya selesai pemilihan. Rektor terpilih bisa saja langsung dilantik, karena masa jabatan pengganti sementara paling lama satu tahun, berarti bisa lebih cepat dan tidak akan lewat dari setahun,” tambah Aminuddin.

BACA JUGA: Usman Rianse: Jabatan Saya Sebagai Rektor UHO Bisa Saja Diperpanjang

Aminuddin membeberkan, Kepala Biro Kepegawaian UHO Kendari, Rafiuddin telah mengahadap pihak Kemenristekdikti pada Senin 21 November 2016. Rafiuddin menyampaikan bahwa masa jabatan Rektor UHO Kendari berakhir pada tanggal 23 November 2016.

“Tapi Kemenristekdikti bilang, bahwa tanggal 23 itu tidak harus pagi langsung ada SK. Pokoknya paling lambat pukul 23.59 Wita SK penunjukkan rektor sudah harus ada,” pungkas Aminuddin.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...