usman rianse
Rektor Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, Profesor Usman Rianse. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Meski jabatan Profesor Usman Rianse selaku Rektor Universitas Halu Oleo Kendari resmi berakhir pada 23 November 2016, namun Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti belum juga mengeluarkan jadwal pelaksanaan pemilihan rektor.

Bahkan, Kemenristekdikti juga belum memutuskan apakah menunjuk pelaksana tugas (Plt) Rektor UHO atau memperpanjang jabatan Profesor Usman. Hingga kini, pihak UHO masih menunggu keputusan Kemenristekdikti .

Kepala Biro Kepegawaian UHO Kendari, Rafiuddin telah berada di Jakarta untuk menyempatkan dua keputusan menteri. Diyakini, Rabu 23 November 2016, Menristekdikti sudah mengeluarkan dua keputusan sekaligus yakni soal jabatan rektor dan jadwal pemilihan rektor.

BACA JUGA:Ini Anggota Senat UHO Kendari yang Dicoret Kemenristekdikti

“Kami masih menunggu dua keputusan menteri, yakni jabatan rektor dan jadwal pemilihan rektor. Sebenarnya dari hari Selasa ini kita tunggu tapi belum ada juga, kemungkinan Rabu besok sudah ada keputusan pak menteri,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor UHo Kendari, Profesor Hilaluddin Hanafi, Selasa 22 November 2016.

Wakil Rektor II UHO Kendari ini mengaku belum bisa memastikan apakah jabatan tektor diperpanjang atau ditunjuk Plt, semua tergantung keputusan Kemenristekdikti. Menurut Profesor Hilal, berdasarkan aturan bisa saja jabatan rektor diperpanjang atau menunjuk Plt sambil menunggu rektor terpilih.

“Saya belum bisa pastikan isi suratnya nanti, apakah Plt, namun bisa saja jabatan rektor diperpanjang satu tahun. Karena karteker itu ada kecuali rektor berkasus. Kan masalah pilrek itu hanya malaadministrasi,” terangnya.

Profesor Hilal mengungkapkan, pihak Kemenristekdikti yang terdiri dari Inspektorat, Biro Sumber Daya Manusia dan Biro Kepegawaian baru saja meninggalkan UHO Kendari dua hari lalu. Kedatangan tim tersebut untuk melakukan verifikasi masih adanya laporan mengenai anggota senat “ilegal”.

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...