Ishak Ismail
Ishak Ismail. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Berbekal laporan Direktur PT Rizky Ilham, Ishak Ismail, Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara mulai melakukan penyelidikan kasus dugaan penipuan yang disangkakan kepada Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah. Salah seorang saksi yang telah diminta keterangannya adalah istri Tony, Surya Adelina Hutapea.

Pemeriksaan terhadap Surya Adelina Hutapea dibenarkan Kasubbid PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh, Kamis 02 Maret 2017. Selain memeriksa Surya Adelina Hutapea, polisi telah memanggil tiga saksi lain termasuk pelapor.

“Pemeriksaan saksi Surya Adelina Hutapea, karena penyidik menganggap yang bersangkutan mengetahui kronologis kasus ini. Yah statusnya saksi karena masih penyelidikan juga,” kata Dolfi.

Polisi juga memastikan akan memeriksa Tony Herbiansyah sebagai terlapor dalam kasus ini. Namun polisi belum menentukan jadwal.

“Pastinya secepat mungkin kami akan melakukan pemeriksaan. Orang saksi lain saja belum rampung sudah mau periksa saksi lagi. Satu-satu kita periksa, jangan terburu-buru. Wartawan ini biasanya mau yang cepat-cepat,” katanya terkekeh.

Kasus ini bermula ketika Ishak Ismail mengingkat janji dengan Tony Herbiansyah saat mencalonkan diri sebagai Bupati Kolaka Timur. Saat itu, Ishak memberikan uang senilai Rp 1 Miliar dengan iming-iming akan diberikan proyek setelah Tony terpilih menjadi bupati. Namun setelah setahun Tony menjadi bupati, janji proyek tersebut tidak kunjung terealisasi.

Jika terbukti bersalah, Tony Herbiansyah akan dikenakan Pasal 378 tentang penipuan dengan penggelapan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...