anak lorongnya kendari
Ishak Ismail (kiri). (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Direktur Utama PT Risky Ilham, Ishak Ismail, memperkarakan Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah. Dalam laporannya di Direktorat Kriminal Umum Polda Sultra, Ishak Ismail menyebutkan Bupati Koltim telah melakukan tindakan penipuan terhadap dirinya dengan materi senilai Rp 1 milyar.

Informasi ini dibenarkan Kasubbid PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh. Kata Dolfi, Ishak Ismail mengaku telah menyetorkan dana senilai Rp 1 Miliar kepada Tony Herbiansyah saat masih mencalonkan diri sebagai Bupati Kolaka Timur.

Dalam perjanjian, Ishak dijanjikan akan mendapat proyek jika Tony Herbiansyah terpilih sebagai Bupati Kolaka Timur. Namun setelah Tony menjabat sebagai bupati proyek yang dijanjikan tak kunjung terwujud.

“Ishak Ismail melapor dengan membawa diri sebagai Direktur Utama PT Rizky Ilham. Perusahaan ini melaporkan Bupati Koltim Tony Herbiansyah atas dugaan tindak pidana penipuan. Laporannya sementara diselidiki oleh penyidik,” kata Dolfi.

Laporan itu katanya ditangani oleh penyidik Subdit 1 Direskrimum Polda Sultra. Saat ini kepolisian katanya sementara melakukan penyelidikan dan belum ada delik pidana yang ditemukan oleh penyidik. Sejauh ini empat orang saksi yang sudah dimintai keterangannya.

“Pemeriksaan saksi masih akan dilakukan termasuk Tony sendiri rencananya akan dipanggil juga,” jelasnya.

Kasus itu bermula saat Tony Herbiansyah mencalonkan diri menjadi calon Bupati Koltim tahun 2015. Uang Rp 1 miliar itu diberikan Ishak Ismail kepada Tony sebagai modal untuk melanggengkan jalannya menjadi Bupati Koltim. Namun pemberian uang tersebut dibalut dengan kesepakatan imbal proyek jika Tony terpilih sebagai bupati.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...