KNPI Sultra
Ketua KNPI Sultra saat potong kue di acara ulang tahun KNPI ke-43. (KABARKENDARI/Temon)

KabarKendari.com – Hidayatullah akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Agustus 2016 mendatang yang ditandai dengan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Sultra.

Ada banyak hal yang dititipkan oleh Hidayatullah kepada kepengurusan selanjutnya. Dayat menitipkan agar kepengurusan selanjutnya selalu menjadi sparing partner pemerintah dan tetap menjaga fungsi kontrol dan independensinya serta tidak terlibat conflict interest dengan kepentingan partai atau politik tertentu.

“Tetap menjaga dan memfasilitasi dan mendukung usaha dan inovasi dari kaum muda. KNPI itu adalah pemuda dan pemuda itu adalah KNPI,” jelasnya, Minggu 24 Juli 2016.

Sepanjang masa kepemimpinannya kurang lebih lima tahun, Dayat mengaku lebih banyak memfasilitasi kepentingan pemuda baik yang sudah mapan dalam pekerjaannya terlebih yang belum dapatkan pekerjaan yang layak.

“Hampir semua orang di KNPI sekarang sudah menjadi orang sibuk karena pada posisi strategis,dan di sana mereka terapkan misi kepemudaan kita,” ungkapnya.

Ia berharap, seluruh kader KNPI yang telah mendapatkan posisi strategis, tetap menjaga marwah kepemudaan dan memfasilitasi seluruh kaum muda yang belum memperoleh posisi strategis.

“Selama ini, belum terlalu ada kehadiran pemerintah dalam memfasilitasi kepentingan kepemudaan dan usaha ekonomi kepemudaan. Untuk itu, KNPI hadir untuk mengatasi persoalan ini. Di sini, KNPI sebagai teman diskusi pemerintah,” ungkapnya.

Hidayatullah menyebut, rencana Musda KNPI Sultra akan dilaksanakan Agustus ini setelah masa jabatannya diperpanjang oleh KNPI Nasional. Harusnya, kata dia, masa jabatannya sudah berakhir 2015 kemarin. Namun karena ada masalah teknis kepengurusan nasional maka musda terpaksa diundur.

“Nanti audiens dengan gubernur, panitia sudah terbentuk. Masa jabatan saya hingga Juli ini setelah diperpanjang,” katanya.

Siapa pun yang bertarung dalam perebutan kursi Ketua KNPI Sultra ini, Hidayatullah berharap kaum muda bisa berkompetisi.

“Saya dengar sudah banyak yang maju. Siapa pun pengganti saya, yang kita rintis termasuk sekretariat tinggal ditambah perlengkapannya untuk periode selanjutnya,” tuturnya.

Penulis: Temon

Facebook Comments
loading...