Abdul Rasak & Muhammad Zayat Kaimoeddin
Dua bakal calon Walikota Kendari, Abdul Rasak (kiri) dan Muhammad Zayat Kaimoeddin, terlibat diskusi dalam sebuah kegiatan. Muhammad Zayat Kaimoeddin atau Derik merupakan salah satu calon yang diusung Partai Demokrat di Pilwali Kendari. (KABARKENDARI/PANDI)

KabarKendari.com – Tingkat elektabilitas menjadi faktor kunci bagi Partai Nasdem untuk memberikan dukungan kepada setiap bakal calon kepala daerah. Di Kota Kendari, Partai Nasdem resmi mengusung Abdul Rasak.

Bulatnya dukungan untuk Abdul Rasak ditegaskan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah, DPW Partai Nasdem, Tony Herbiansyah.

“Nasdem sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Rasak,” tulis Tony dalam pesan singkatnya kepada Kabarkendari.com, Jumat 22 Juli 2016.

Baca Juga: Ini Jagoan Nasdem di Pemilukada 2017

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Bappilu Nasdem Sultra, La Ode Iksan Saafi, mengungkapkan salah satu pertimbangan partai besutan Surya Paloh itu adalah survei Abdul Rasak yang unggul dibandingkan beberapa calon lain.

Menurutnya, sejak beberapa minggu terakhir, Nasdem telah mengeluarkan rekomendasi untuk beberapa calon yang akan maju pada Pemilukada 2017.

Dalam perebutan pintu Nasdem, beber Iksan, Rasak bersaing ketat dengan Muhammad Zayat Kaimoeddin dan Ishak Ismail. Namun, dari berbagai lembaga survei, Rasak berada pada peringkat teratas.

“Semua lembaga survei menempatkan Rasak tertinggi. Nasdem menggunakan empat lembaga survei yang kompeten,” katanya.

Meski begitu, kata Iksah, rekomendasi ini bisa saja berubah bila calon yang yang telah didukung tidak mampu menambah dukungan dari partai koalisi hingga batas waktu yang ditentukan Penyelenggara pemilukada yakni 14 hari. Sebab, NasDem di Kota Kendari, hanya memiliki tiga kursi dan masih membutuhkan empat kursi lagi.

Penulis: Temon
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...