Jemaah Calon Haji Asal Kota Kendari
Suasana pemberangkatan jemaah calon haji asal Kota Kendari, di Taman Kota, halaman Kantor Wali Kota Kendari, Senin 22 Agustus 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Ratusan Jemaah Calon Haji asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, yang diberangkatkan ke tanah suci tahun ini divonis mengidap penyakit hipertensi dan diabetes.

Dari jumlah 324 orang Jemaah Calon Haji asal Kota Kendari, hasil pemeriksaan medis menunjukkan terdapat lebih dari 100 orang menderita penyakit hipertensi. Lebih dari 40 orang mengidap penyakit diabetes.

“Hipertensi yang paling banyak setelah itu diabetes. Penderita hipertensi itu ada 100 orang lebih dan diabetes ada 40 orang lebih,” ungkap Sunarni, salah seorang dokter pendamping Jemaah Calon Haji Kota Kendari, Senin 22 Agustua 2016.

Sunarni menambahkan, rata-rata jemaah calon haji yang menderita penyakit hipertensi dan diabetes berusia diatas 40 tahun. Untuk mengantisipasi hal itu, petugas medis menganjurkan mereka menjaga pola makan.

“Kita juga sediakan obat dan kita anjurkan untuk tetap makan, karena di tanah suci itu metabolisme meningkat. Khusus untuk diabetes kita siapakan kurma dan permen,” terangnya.

Sunarni dan tim dokter lainnya rutin melakukan pemeriksaan kepada Jemaah Calon Haji Kota Kendari. Mereka tak henti mengingatkan para jemaah untuk menjaga kesehatan. Saat ini kondisi cuaca di Mekah dilanda cuaca panas yang ekstrem. Potensi penyakit lainnya adalah kontak langsung dengan banyak orang.

“Jaga kebersihan, banyak minum air putih, dan gunakan selalu alas kaki. Kita doakan semoga semua baik-baik saja disana sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal,” tuntasnya.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...