Hasil Pilkada Muna Barat
BSI merilis hasil quick count Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Barometer Swara Indonesia atau BSI merilis hasil quick count Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara. Hasilnya, pasangan calon nomor 2 LM Rajiun Tumada-Achmad Lamani unggul dengan presentase suara 58,79 persen.

Sementara paslon nomor urut 1, LM Ihsan Taufik Ridwan-La Nika hanya mampu meraup 41,21 persen. Selisih kedua paslon tersebut terbilang tinggi yakni 17,58 persen.

Direktur Eksekutif BSI Baso Afandy mengatakan, survei dilakukan pada 15 Februari 2017 dengan metodologi teknik multistage random sampling. Jumlah sampel yang digunakan 70 TPS. Data diperoleh dari relawan pada TPS terpilih dengan margin of error sebesar 1 persen. Sementara populasi adalah semua TPS di Kabupaten Muna Barat.

“Melalui quick count ini saya pastikan Rajiun-Achmad Lamani menang di Mubar. Selamat kepada paslon Rajiun-Achmad Lamani,” ujar Baso saat melakukan konferensi pers pada salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu 15 Februari 2017.

Dia membeberkan, dari 11 kecamatan di Mubar, Rahmatnya Mubar menang pada sembilan kecamatan. Sementara, Insani hanya menang pada dua kecamatan yakni Barangka dan Tiworo Utara, itupun hanya menang tipis.

Menurut Baso, kemenangan besar Rahmatnya Mubar itu karena masyarakat sadar akan pentingnya pembangunan yang sudah ada selama Rajiun menjadi Pj bupati.

“Artinya masyarakat Mubar lebih mempecayai yang terbukti dari pada yang baru berjanji,” tandasnya.

Baso mengakui, dari 119 TPS yang ada di Mubar hanya 70 TPS yang digunakan karena memang apa yang dilkukan lembaga surveinya hanya quick qount. Namun hasil itu sudah cukup untuk memastikan Rahmatnya Mubar menang.

Kendati demikian, ia meminta agar semua pihak tetap menghormati dan menunggu hasil pleno KPU Mubar.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...