Harga Ikan Kendari
Harga ikan di PPI Kendari masih tergolong normal. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Harga ikan di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Kota Kendari masih dalam kondisi stabil. Kenaikan harga diprediksi akan terjadi pekan depan.

Salah seorang nelayan di PPI Kendari, Ramli mengatakan, belum ada hal yang dapat mempengaruhi kenaikan harga ikan. Saat ini gelombang laut masih dalam kategori normal.

Menurut dia, seperti biasanya kenaikan harga ikan akan terjadi pada saat terang bulan pekan depan. Sebab, nelayan yang menangkap ikan menggunakan pagai tidak melaut sehingga mengakibatkan ikan berkurang, sementara pembeli makin banyak.

BACA JUGA: Waspada, La Nina Mengintai Kendari

“Gelombang masih normal. Belum ada kenaikan harga ikan, dan pembeli juga saat ini masih kurang,” ujar Ramli saat ditemui di PPI Kendari, Senin 3 Oktober 2016.

Ramli menambahkan, memang saat ini harga ikan putih dinilai tinggi oleh masyarakat. Namun, kata dia, harga itu masih dalam kategori normal.

Misalnya, katambang dan ikan putih lainnya yang mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Sementara cakalang dan ikan kecil masih dalam kisaran harga normal yakni antara Rp 8.000 hingga Rp 10 ribu per kg.

Ramli mengungkapkan, untuk stok ikan pun diakuinya masih banyak yang disimpan para agen, karena suplai ikan dari nelayan masih cukup banyak beberapa hari ini.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Aris Yunatas mengatakan, saat ini masih musim timur. Dimana, gelombang laut masih normal.

“Nanti bulan Desember, Januari, dan Februari baru ada perubahan dari angin timur ke barat. Angin barat ini diikuti dengan gelombang tinggi antara 2-4 meter,” singkatnya.

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...