harga daging di kendari
harga daging sapi di pasar taradisional Kota Kendari masih normal. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Kurang dari dua pekan lebaran hari Raya Kurban, harga daging sapi di pasar taradisional Kota Kendari masih normal. Permintaan daging ditingkat masyarakat masih terbilang rendah.

Harga daging sapi masih berada pada kisaran Rp 110 ribu per kilogram. Harga daging diprediksi akan melonjak pada empat hari sebelum lebaran.

“Kalau sekarang ini harga masih normal pak Rp 110 ribu. Paling kalau naik nanti empat hari sebelum lebaran. Biasanya itu harganya naik sampai Rp 120 ribu,” kata Rimambo, seorang pedagang daging sapi di Pasar Mandonga.

Warga Punggolaka ini mengaku, saat ini pasar masih sepi pembeli daging. Beruntung jika dalam sehari daging sapi dagangannya terjual 30 kg. Berdasarkan pengalamannya, empat hari sebelum lebaran ia mampu menjual daging segar hingga 300 kg.

“Kalau hari begini tidak banyak saya ambil paling hanya 50 kg per hari. Daging ini saya ambil di rumah pemotongan hewan Anduonoho,” tutur Rimbabo.

Hal berbeda terjadi pada harga daging ayam. Kini daging ayam telah mengalami kenaikan sebesar Rp 5 ribu dari harga normal Rp 15 ribu per kg.

“Harga ayam sudah naik. Sekarang hanrganya sudah naik jadi Rp 20 ribu per kg, kan biasnya Rp 15 ribu,” kata pedagang ayam, Sultan Udin.

Kenaikan itu akan terus bertambah hingga tibanya hari Raya Kurban atau Idul Adha. Pasalnya, semakin dekat lebaran permintaan masyarakat terhadap daging ayam juga meningkat. Harga bisa mencapai Rp 27 ribu per kilogram.

“Memang ini belum naik. Mungkin akan naik dekat-dekat lebaran. Sekarang kan masih belum banyak orang yang cari daging sapi,” ujar seorang pembeli bernama Suarni.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...