Pelantikan Pengurus Golkar Sultra
Pengukuhan Pengurus Golkar Sultra. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah menetapkan pasangan calon (paslon) Anton-Haidirman maju di Pemilihan Kepala Daerah Kolaka Utara 2017.

Keputusan DPP Golkar ini terbilang mengejutkan. Sebab, partai berlambang beringin ini lebih memilih Anton yang notabene bukan kader dari pada Boby Alimuddin yang merupakan kader Golkar.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sultra, Muhammad Basri menjelaskan, alasan DPP Golkar memilih Anton ketimbang Boby adalah persoalan pilihan dan penilaian secara etika partai.

SK Anton-Haidirman, ungkap Basri, ditandatangani Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto dan Sekjen Idrus Marham pada 19 September 2016.

DPP Golkar melihat, Boby sudah mendapatkan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P dan tidak pernah bertanya dengan Golkar soal wakilnya.

“Dia langsung menentukan sendiri pasangannya dan tidak ada koordinasi dengan partai. Keputusan DPP Golkar sudah final mengusung Anton-Haidirman di Pilkada Kolaka Utara,” papar Basri, Selasa 20 September 2016.

Sejak Awal, beber Basri, baik Anton maupun Boby diberikan kesempatan untuk mencari koalisi partai. Namun, hanya Anton yang minta petunjuk ke DPP soal wakilnya. Untuk itu, Golkar memilih dia dari pada Boby yang tidak mau diajak koordinasi.

“Boby ini awalnya susah dapat partai. Tapi, pada akhirnya dia dapat PDIP. Namun, wakilnya dipilih sendiri,” ujarnya.

Untuk Muna Barat, lanjut dia, hingga saat ini belum ada keputusan. Menurutnya, masih banyak pertimbangan tentang dukungan Golkar di Muna Barat.

“Bukan alot sebenarnya. Cuman banyak pertimbangan saja sehingga lama,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
EditorĀ  : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...