Lokasi Gempa Kendari
Lokasi gempa tektonik berkekuatan 2,8 Skala Richter yang mengguncang Kota Kendari, Jumat 17 Februari 2017 pukul 12.59 Wita. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com– Gempa bumi tektonik berkekuatan 2,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Kendari, Jumat 17 Februari 2017 sekira pukul 12.59 Wita.

terjadi wilayah bagian timur laut Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat 17 Februari 2017 sekitar pukul 12.59 Wita.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kendari, Rosa Amelia mengungkapkan, pusat gempa terjadi di wilayah bagian timur laut Kota Kendari pada kedalaman 9,9 KM.

Pada peta tingkat goncangan atau shakemap BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Kota Kendari. Rosa mengungkapkan, guncangan gempa bumi di Kota Kendari dilaporkan dirasakan beberapa orang. Namun Hingga kini belum ada laporan adanya kerusakan.

“Jika ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo yang melintang dari barat laut ke tenggara di sebelah utara Kota Kendari. Hingga pukul 13.40 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” ujar Rosa melalui pesan Whatsapp yang diterima kabarkendari.com.

Rosa mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Penulis: La Ode Kasman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...