Gempa Wakatobi
Titik Gempa di Wakatobi. (KABARKENDARI/Pandi)

Kabarkendari.com – Gempa bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu 9 Oktobet 2016 sekitar pukul 02.15 Wita.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kendari, Rosa Amelia mengungkapkan, gempa bumi tektonik dengan epicenter pada koordinat 5.91 LS – 123.97 BT pada kedalaman 44 kilometer.

Dia menuturkan, peta tingkat goncangan atau shakemap BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Kota Baubau dalam skala intensitas II Sistem Informasi Geografis (SIG)-BMKG atau III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI).

“Di Baubau goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang. Sampai dengan saat ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” beber Rosa melalui pesan singkat yang diterima Kabarkendari.com.

Dengan adanya peristiwa ini, tambah dia, hingga pukul 07.30 Wita belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Rosa mengimbau, masyarakat tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG.

“Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang berada di Wilayah Wakatobi,” tuntas Rosa.

Penulis: La Ode Kasman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...