Ilustrasi Bakar Diri
Ilustrasi. (INT)

Kabarkendari.com – Warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dihebohkan dengan aksi bunuh diri yang dilakukan warga Jalan Jati Raya, Kelurahan Wowanggu, Kecamatan Kadia, bernama Faisal. Faisal mengakhiri hidupnya dengan cara membakar dirinya

Peristiwa naas ini terjadi Senin malam, 12 September 2016, sekitar pukul 22.00 Wita. Selain merenggut nyawa Faisal, api juga menghanguskan rumahnya yang terbuat dari papan.

Seorang saksi yang rumahnya berhadapan dengan rumah korban, Rudianto, menuturkan, dirinya bersama anaknya melihat kobaran api tepat di depan rumahnya. Rudi pun berlari keluar rumah untuk menyelamatkan Faisal. Namun korban menolak untuk ditolong dan memilih menutup pintu rumahnya.

“Saya mau paksa masuk tapi api semakin besar. Saya tidak bisa berbuat apa-apa,” tutur Rusdianto.

Tidak tega melihat korban menjerit kesakitan karena api membakar badannya, Rudi kemudian meminta tolong kepada warga sekitar untuk membantu memadamkan api. Namun upaya itu tidak dapat menyelamatkan korban.

Saat beberapa warga membantu memadamkan api, Rudi sempat mencium bau bensin. Diduga, Faisal sudah merencanakan aksi nekatnya itu.

“Saya cium bau bensin dan saya lihat itu api menjalar dengan cepat dalam rumah. Saya takut lihat itu korban, soalnya dia berteriak sambil terbakar,” jelasnya.

Sementara itu, istri korban bernama Wa Norma, menceritakan, sebelum kejadian, mereka terlibat pertengkaran. Saat itu, Norma mengaku diusir dari rumah oleh suaminya dan mengancam akan bunuh diri.

Norma tidak mengetahui apa maksud dari perkataan itu, karena tidak ada masalah yang memicu pertengkaran. “Saya bingung kenapa marah-marah. Saya juga diusir, makanya saya langsung ke Abeli. Tiba-tiba saya ditelpon, suamiku meninggal terbakar dalam rumah,” kata Wa Norma dengan menangis.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.30 Wita oleh satu unit mobil pemadam kebakaran milik Dinas Kebakaran Kota Kendari. Setelah proses pemadaman, nampak jasad korban ditemukan dalam keadaan hangus akibat terbakar.

Faisal tega membakar dirinya diduga frustasi karena sakit struk yang dideritanya. Sebenarnya , kata Wa Norma, suaminya pernah mencoba bunuh diri dengan cara membakar horden, namun berhasil dicegah.

Sementara anggota Kepolisian Resor Kendari dan Kepolisian Sektor Baruga masih mengidentifikasi motif dari kasus itu. Dari hasil pemeriksaan sementara, Faisal tewas bakar diri.
Kepolisian mengungkapkan korban sengaja membakar diri dengan motif sakit hati dan putus asa setelah bertengkar dengan istri korban.

Penulis : Kamarudin
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...