Pelantikan Pengurus Golkar Sultra
Pengukuhan Pengurus Golkar Sultra. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar telah mengeluarkan surat keputusan dukungan kepada empat bakal calon kepala daerah di Pilkada Sultra 2017.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sultra, Muhammad Basri, mengatakan Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham baru menandatangani SK dukungan bakal calon kepala daerah Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Kota Kendari.

Di Buton, Golkar mendukung pasangan Umar Samiun-La Bakri. Di Buton Selatan, Agus Faisal Hidayat, di Buton Tengah mengusung Mansur Amila dan Kota Kendari mendorong pasangan Abdul Rasak-Andi Musakkir Mustafa.

“Kalau untuk tiga daerah lainnya, masih menunggu keputusan DPP,” kata Basri, Sabtu 17 September 2016.

Tiga kabupaten yang masih menunggu SK itu adalah Muna Barat yang sebelumnya direkomendasikan kepada LM Iksan Taufik-La Ode Aca. Di Bombana kepada Masyura Ila Ladamay dan Kolaka Utara Boby Alimuddin.

Menurut Basri, alasan DPP Golkar mengusung empat calon itu adalah berdasarkan elektabilitas dan popularitas. Umar Samiun cukup terkenal di Buton dan merupakan petahana. Sama halnya dengan Agus Faisal Hidayat, memiliki kans untuk menang karena orang tuanya adalah mantan Bupati Buton.

Mansur Amila merupakan mantan Penjabat atau Pj Bupati Buton Tengah yang dinilai cukup berpengalaman dalam mengelola pemerintahan. Di Kota Kendari, Abdul Rasak-Andi Musakkir dianggap memiliki kompetensi dan elektabilitas yang cukup tinggi untuk maju di Pilkada Kota Kendari.

“Semua telah dipertimbangkan secara matang oleh DPP. Mereka ini memiliki kans untuk menang. Setelah ada rekomendasi ini, maka semua kader harus berjuang untuk memenangkan calon yang diusung partai,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
EditorĀ  : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...