pospera
Pospera menyatakan sikap mendukung pasangan Derik-Suri. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Organisasi massa Posko Perjuangan Rakyat atau Pospera menyatakan sikap mendukung pasangan Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud maju di Pemilihan Wali Kota Kendari 2017.

Pada Pemilihan Presiden lalu, Pospera ikut memenangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hasilnya, mereka menang di Kendari atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa.

Berbekal kemenangan itu, Koordinator Wilayah Sulawesi DPP Pospera Erwin Usman mengaku, akan mengulang sejarah pesta demokrasi. Ia berharap, seluruh kader Pospera bisa optimal memenangkan pasangan Derik-Suri.

“Selain bisa memenangkan Jokowi, Pospera juga pernah ambil bagian dalam pesta demokrasi di Sultra beberapa waktu lalu. Alhamdulillah, kita bisa memenangkan calon yang kami jagokan, seperti di Buton Utara,” terang Erwin Usman usai menggelar jumpa pers bersama Balon Wali Kota Kendari Muhammad Zayat Kaimoeddin, Rabu 21 September 2016.

Erwin menguraikan, ada alasan Pospera mendukung Derik. Pertama, ada komunikasi aktif dengan penghubung Derik. Kedua, dari sisi elektabilitas, Derik sangat tinggi walaupun mulainya cukup terlambat dibandingkan calon lain.

“Ketiga, kami melihat partai pendukungnya yang bisa mempengaruhi visi misinya. Ada kesesuaian dengan Pospera dengan komposisi partainya,” jelasnya.

Bertemu dengan Derik, kata Erwin, baru pertama kali. Untuk memastikan pilihan calon obyektif, mereka terlebih dulu melihat dari jauh kekuatan calon dan potensi menang.

Erwin membantah, dukungan Pospera ini beririsan dengan sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sebab, beberapa pilkada sebelumnya, Pospera selalu menyatakan sikap dukungan yang sama dengan PDIP.

Di Kota Kendari sendiri, PDIP mendukung Derik dan sama halnya dengan Pospera.

“Itu tidak semua. Kita tahu bersama, dewan pembina Pospera di Buton adalah Umar Samiun. Beliau adalah kader PAN. Di Baubau AS Thamrin yang juga kader PAN dan di Muna Rusman Emba yang sebelumnya Golkar sekarang di PDIP. Di tempat lain juga ada partai lain. Ini sebenarnya, tergantung komunikasi DPC di bawah. Selama nyaman, maka bisa saja didukung,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Pospera Sultra Wahidin mengaku, kader Pospera di Sultra akan turun ful memenangkan pasangan Derik-Suri. Khusus Kota Kendari, terdapat 500 orang kader yang siap turun lapangan.

“Seluruh keputusan DPP Pospera akan menjadi pijakan kami untuk ikut berpartisipasi dalam pilkada kali ini. Minimal, kemenangan Jokowi-JK kemarin bisa terulang lagi,” katanya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor  : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...