Kota Kendari
Ada dua tempat alternatif untuk dijadikan lokasi Salat Iduladha di Kendari, salah satunya di area MTQ Square. (KABARKENDARI/SUWARJONO)

Kabarkendari.com – Pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama atau Kanwil Kemenag Sultra dan Pemprov setempat belum menentukan lokasi Salat Iduladha 1437 Hijriah.

Kendati demikian, Kepala Seksi Kemitraan, Publikasi Dakwah dan Hari Besar Islam Bidang Penais Zakat dan Wakaf, Kanwil Kemenag Sultra, Nurhayati R mengatakan, ada dua tempat alternatif untuk dijadikan lokasi Salat Iduladha bagi Pengurus Hari Besar Islam atau PHBI Sultra, yakni, area MTQ Square atau Masjid Agung Al-Kautsar Kota Kendari.

“Sudah ada rapat bersama Biro Kesra kemarin, ada dua lokasi yang akan diserahkan ke Wakil Gubernur. Nanti, pak Wagub yang tentukan lokasinya di mana,” ungkap Nurhayati, Senin 5 September 2016.

Sejauh ini, kata dia, PHBI Provinsi Sultra telah menetapkan seluruh petugas untuk pelaksanaan Salat Iduladha nanti. Petugas ini, kata dia, ditentukan dalam rapat PHBI bersama Pemprov Sultra, Kepolisian, dan seluruh pihak terkait.

“Imamnya nanti KH Drs Mursidin. Jumlah panitianya, kurang lebih 20 orang,” paparnya.

Ia menyebut, PHBI Sultra masuk wilayah satu yang meliputi Pemprov Sultra. Untuk wilayah dua, merupakan kewenangan kabupaten atau kota. Namun, mereka juga harus melapor ke PHBI masing-masing.

“Masing-masing daerah memiliki kesepakatan yang sama untuk menentukan lokasi Salat Iduladha,” jelasnya.

Berkait kurban, itu merupakan kewenangan instansi masing-masing. Namun, akan terus dikoordinasikan dengan Bidang Penerangan PHBI setiap daerah.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...