Sarlinda Mokke anggota DPRD Sultra
Sarlinda Mokke, anggota DPRD Sultra (KABARKENDARI/Pandi)

Kabarkendari.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara, Sarlinda Mokke, menuding PT Semen Tonasa tidak pernah menyalurkan Corporate Social Responsibility kepada warga di sekitar Kecamatan Moramo.

Kepada wartawan, Selasa 9 Agustus 2016, Sarlinda mengungkapkan hasil kunjungan resesnya di Kecamatan Moramo. Salah satu temuannya adalah bahwa sejumlah warga mengeluhkan masalah CSR.

“Di Desa Lapuko Kecamatan Moramo saya menemukan PT Semen Tonasa kurang lebih tiga tahun dan selama beroperasi di Moramo, CSR tidak ada. Dengan hal ini menimbulkan keresahan di masyarakat sekitar Moramo,” ungkap Sarlinda.

Harusnya, kata Sarlinda, sebagai perusahaan milik BUMN, PT Semen Tonasa menyalurkan CSR seperti tertuang dalam Undang-Undang.

“Temuan selama kunjungan di Moramo dan bertemu konstituen, saya akan bawa ke komisi untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Sejauh ini, Sarlinda belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak perusahaan. Namun, menurut laporan masyarakat sudah beberapa kali komunikasi dengan pihak perusahaan, tapi jawabannya menunggu petunjuk pusat.

“Masyarakat yangg tidak dapat CSR itu terdapat di Desa Lapuko, Desa Wawosunggu dan beberapa desa lainnya,” katanya.

Menurut Sarlinda, aktivitas perusahaan selama tiga tahun terakhir, menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat.

Ia mencontohkan, bahwa aktivitas pengangkutan semen yang melewati permukiman warga menyebabkan penyakit gangguan pernafasan.

Penulis: Pandi
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...