pemekaran Kabupaten Poleang
Anggota DPRD Sultra Bustam (kanan) berpose bersama dengan tim pemekaran Kabupaten Poleang. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara, A Bustam, mengatakan telah mengekpose rencana pemekaran Kabupaten Poleang pada Panitia Kerja DPD RI.

“Panja 1 menindaklanjutinya dengan melakukan kunjungan lapangan di Poleang. Hasil kunjungan itu, memberikan harapan kepada masyarakat Poleang bahwa daerah ini layak untuk dimekarkan,” ungkap Bustam kepada Kabarkendari.com.

Politikus Partai Gerindra ini menyebut, skor kajian akademik pemekaran Kabupaten Poleang sudah memenuhi standar yang ditetapkan. Skornya mencapai 488 atau diatas ambang batas 300.

“Batasnya itu di bawah 300 tidak bisa dimekarkan. Kita memenuhi skor itu hampir 500. Untuk itu, penekanan DPD kemarin adalah panitia tidak boleh hanya mendorong pemekaran ini di DPD melainkan ikut didorong ke DPR RI dan Mendagri,” katanya.

Rencananya, kata Bustam, setelah dibahas di internal DPD RI, para senator itu akan menggelar pleno penetapan pemekaran Kabupaten Poleang.

“Informasinya, 24 September ini akan menggelar pleno. Makanya, kita akan ke sana mengawal proses pleno itu. Di samping itu, kita akan ikut berkoordinasi dengan Mendagri dan DPR RI,” ujar Bustam.

Bustam berharap pemekaran Kabupaten Poleang secepatnya terealisasi. Sebab pemekaran ini merupakan keinginan masyarakat untuk peningkatan dan pembangunan sumber daya manusia serta mempermudah akses masyarakat mendapatkan pelayanan pemerintahan.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...