Penyelundupan Penyu di Kendari
Aparat Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menggagalkan penyeludupan penyu di Desa Barasanga, Kecamatan Wawolozea, Konawe Utara. (KABARKENDARI/IST)

Kabarkendari.com – Aparat Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menggagalkan penyelundupan penyu yang akan dibawa ke luar Sultra, Rabu 07 September 2016, pukul 04.00 Wita dini hari. Peristiwa penggagalan penyu ini dilakukan oleh anggota Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditpolair Polda Sultra, saat melakukan patroli di wilayah perairan Sultra.

Menurut Kepala Subdit Gakum Ditpolair Polda Sultra, Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Budi, saat melakukan patroli  dengan menggunakan Kapal Polisi XX 1005, pihaknya melihat sebuah kapal memuat penyu sebanyak sepuluh ekor,  di Desa Barasanga, Kecamatan Wawolozea, Kabupaten Konawe Utara.

“Kapal itu dikemudian oleh Lukman. Pria ini juga sebagai penangkap penyu. Lukman menjualnya kepada Sanusi dan Warning,” ungkap Agus Budi, kepada kabarkendari.com.

Lebih lanjut perwira polisi ini menjelaskan, penyu tersebut merupakan hewan yang dilindungi. Karena itu, siapu pun yang melakukan penangkapan terhadap hewan laut tersebut harus diproses hukum. Saat ini,  kata Agus Budi, para pelaku sudah diamankan untuk menjalani pemeriksaan. “Saat ini, penyu-penyu itu sementara kami simpan di penangkaran,” katanya.

Penulis : Kamarudin
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...