Pemeriksaan Hewan Kurban kendari
Pihak Distanhut Kota Kendari melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Anggoeya, Rabu 7 September 2016. (KABARKENDARI/KASMAN)

Kabarkendari.com – Dinas Pertanian dan Kehutanan atau Distanhut Kota Kendari melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan atau RPH Anggoeya, Kecamatan Poasia, Rabu 7 September 2016.

Kepala Bidang Peternakan Distanhut Kota Kendari, Murdiantoro mengatakan, kegiatan pemeriksaan hewan kurban rutin dilaksanakan setiap tahun sebelum dilakukan pemotongan pada hari raya Iduladha.

Pemeriksaan kali ini masih pada pemeriksaan fisik bagian luar atau antemortem yang meliputi mata, telinga, hidung, lidah, gigi dan mulut. Selanjutnya, kata Murdiantoro, dilakukan pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan bagian dalam setelah pemotongan hewan kurban yang meliputi limpa, jantung, hati, dan daging.

“Dari pemeriksaan antemortem yang barusan kita lakukan, kita menemukan ternak yang tidak layak sembelih pada saat kurban nanti. Karena memang secara rukun Islam pemotongan hewan kurban itu harus sehat, baik luar maupun dalam,” ujarnya.

Murdiantoro mengatakan, ciri fisik hewan yang baik untuk dikurbankan adalah tidak ditemukan cacat, baik mata, telinga, gigi maupun mulut. Selain itu, hewan kurban yang disembelih  biasanya berumur minimal tiga tahun.

Untuk Idul Kurban tahun ini, telah tersedia 260 ekor hewan kurban di Kota Kendari yang siap dipotong. Sebanyak 60 ekor sapi berada di RPH Anggoeya dan 200 ekor lainnya tersebar pada pos-pos penampungan.

Masih kata Murdiantoro, sapi dibeli dengan harga Rp 8 juta hingga Rp 13 juta per ekor. Kemudian setelah dipotong daging sapi akan dijual dengan harga Rp 110-120 ribu per kilogram.

“Ini semua pesanan dari instansi-instansi pemerintahan maupun swasta di Kota Kendari,” katanya.

Murdiantoro mengungkapkan, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pihaknya melibatkan 25 tenaga medis yang akan ditempatkan di tiap-tiap kecamatan dan pada tempat pemotongan hewan lainnya, seperti, Islamic Center Muadz Bin Jabal.

“Kami mengimbau kepada masyarakat baik swasta, pemerintah maupun perkumpulan yang akan berkurban melapor di posko Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari untuk diperiksa tanpa dipungut biaya,” tutupnya.

Penulis : La Ode Kasman
Editor   : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...