Dishub Kendari
Dinas Perhubungan Kota Kendari merazia sopir mobil angkot yang tidak memiliki izin di Kota Kendari, Senin 17 Oktober 2016. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Diduga banyak sopir angkutan kota yang tidak memiliki dokumen dan izin beroperasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari merazia mobil angkot di Kota Kendari, Senin 17 Oktober 2016.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Darat Dishub Kota Kendari Frengky mengatakan, razia ini rutin dilakukan setiap tahun.

Hal ini juga untuk menjawab keluhan para sopir yang memiliki izin trayek. Selama ini, kata dia, sopir banyak dikeluhkan adanya kendaraan angkot tanpa izin beroperasi di rute Kota-Kampus Baru.

“Banyak sopir minta ditertibkan angkot yang tidak memiliki surat sah,” paparnya di sela razia di MTQ Square Kendari.

BACA JUGA: Dishub Sultra Mulai Antisipasi Macet di Kendari

Rencananya, razia yang menggandeng aparat Polisi Lalu Lintas Polres Kendari dan Detasemen POM Kendari ini akan digelar selama sepekan.

“Kalau sebagian besar sudah dijaring berdasarkan permintaan sopir kemarin, maka kita hentikan. Nanti dilanjutkan lagi kalau tidak tertib lagi,” katanya.

Untuk trayek 1B jurusan Kota-Kampus Baru, sebut Frengky, ada 700 unit angkot yang beroperasi dan memiliki izin dari Dishub Kota Kendari.

“Kalau jalur lain nanti menyusul. Kita beroperasi dulu di sini karena ini jalur favorit dan banyak angkot tanpa izin,” jelasnya.

Setiap kendaraan angkot, kata dia, wajib mengantongi izin sebelum beroperasi. Izinya, diurus di Dishub Kota Kendari.

“Kalau melanggar, sanksinya ditindak dalam bentuk tilang. Kita razia bersama kepolisian,” tuturnya.

Penulis: La Ode Pandi Sartiman
Editor : Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...