Direktur Rumah Sakit Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, Yusuf Hamrah
Direktur Rumah Sakit Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, Yusuf Hamrah. (KABARKENDARI/EGI)

Kabarkendari.com – Direktur Rumah Sakit Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, Yusuf Hamrah mengakui rumah sakit yang dipimpinnya itu masih dibawah standar. Ia bahkan terang-terangan menyebut pelayanan rumah sakit pemerintah itu belum memadai.

Hal tersebut diungkapkan Yusuf hamrah diselah-sela pengumuman dan serah terima hasil pemeriksaan kesehatan, jasmani dan tes bebas narkoba tujuh pasangan calon kepala daerah di Sultra, Minggu 02 Oktober 2016.

Penyebab kurang memadainya pelayanan, kata Yusuf, adalah banyaknya kendala-kendala tehnis yang penyelesaiannya butuh kerjasama dan koordinasi banyak pihak. Ia memberi contoh soal listrik. Kebijakan PLN Kendari memadamkan listrik berpengaruh pada sistem operasi alat-alat kesehatan.

“Harus menggunakan genset. Tapi itu juga kurang mampu melayani seluruh keadaan rumah sakit. Namun kita harus tetap upayakan bagaimanapun caranya untuk bisa menghilangkan keluhan masyarakat. Walaupun keluhan itu pastinya akan tetap ada nantinya,” kata Yusuf.

Persoalan lain katanya, Sumber Daya Manusia yang belum maksimal di RS Bahteramas Kendari. SDM yang dimiliki saat ini masih perlu ditambah.

“Caranya yah kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas SDM kita. Dengan terus mendorong untuk belajar meningkatkan kompetensinya harus kita lakukan,” ujarnya.

“Kesyukurannya sekarang ada tiga kalau sebelumnya hanya satu. Yah memang kita kurang namun kita akan tetap meningkatkan SDM dalam bidang kedokteran ini. SDM kami akan terus ditambah. Seperti menambah dokter bedah onkologi dan urologi,” janjinya.

Penulis : Kamaruddin
Editor  : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...