Pelantikan PAN Umar Samiun
Pelantikan Pengurus PAN Sultra Periode 2016-2021. Samsu Umar Abdul Samiun resmi menduduki jabatan Ketua DPW PAN periode 2016 sampai 2021 mengantikan ketua sebelumnya Nur Alam. (KABARKENDARI/Suwarjono)

Kabarkendari.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara, Hidayatullah memastikan Pilkada Buton hanya akan diikuti pasangan calon tunggal yaitu calon petahana Umar Samiun-La Bakri. Keadaan itu disebut Hidayatullah seperti referendum bagi masyarakat Buton.

“Setelah proses verifikasi calon selesai, maka pasangan ini akan langsung ditetapkan pada 24 Oktober sebagai Paslon tunggal,” ungkap Hidayatullah, Minggu 2 Oktober 2016.

Jika Umar-Bakri penuhi syarat calon, maka berdasarkan PKPU 14 Tahun 2015 warga akan memilih setuju dan tidak setuju. Proses selanjutnya adalah perhitungan suara sah dengan mekanisme setuju dan tidak setuju.

Surat suaranya pun akan berbeda dengan pemilihan pada umumnya. Kolomnya hanya foto satu paslon dengan petunjuk mencoblos setuju atau tidak setuju. Bila dalam perolehan suara nanti yang paling banyak adalah setuju dengan pasangan Umar-Bakri, maka KPU langsung menggelar pleno penetapan pasangan calon terpilih.

“Kalau banyak yang memilih tidak setuju, maka Pilkada Buton diundur satu tahun kemudian. Calon yang tidak lolos kemarin bisa lagi mendaftar namun harus memenuhi syarat dukungan pencalonan. Untuk pemerintahannya, pasti turun Pelaksana Jabatan,” jelasnya.

Untuk itu, Hidayatullah mengajak masyarakat untuk tetap menyalurkan hak pilihnya sekalipun setuju atau tidak setuju.

“Prinsip memilih itu hak. Bagi masyarakat datang memilih dan merasa saja apakah memilih setuju atau tidak setuju. Ini seperti referendum sebenarnya. Dan dalam putusan Mahkamah Konstitusi hanya satu paslon yang maju tetap dibenarkan,” pungkas Dayat.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman
Editor  : Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...