bpn konsel
Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Konawe Selatan. (KABARKENDARI/REGI)

Kabarkendari.com – Kejaksaan Negeri Kabupaten Konawe Selatan akhirnya menahan tiga komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Konawe Selatan.

Mereka adalah Jabal Nur, Sutamin Rembasa dan Yusran. Penahanan ini dilakukan, Rabu 25 Januari 2017 kemarin di Rutan Klas 2A Kendari.

“Saat ini ketiganya menunggu jadwal sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kendari,” Kata Kepala Kejari Konsel, Abdilah. SH.

Jaksa penuntut umum sementara merampungkan berkas perkara ketiganya

“Sudah sejak kemarin ditahan dan dirampungkan berkas-berkasnya untuk menjalani persidangan. Untuk waktu sidangnya, menunggu berkas perkara kapan akan dilimpahkan ke pengadilan saja,” jelasnya.

Dijelaskan Abdilah, penahanan ini dilakukan pasca penyidik mengantongi hasil audit dari BPKP wilayah Sultra. Kini kelima komisioner KPU Konsel telah menjalani penahanan.

“Dua sudah jadi terdakwa di pengadilan dan menyusul tiga. Dalam waktu dekat semoga cepat kami kirim berkasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepada Divisi Lembaga Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sultra, H. Muslim mengatakan, saat ini Jabal Nur, Sutamin Rembasa dan Yusran sudah bisa berkomunikasi dengan tahanan atau narapidana lainnya.

“Terhitung sejak kemarin. Malam dimasukan pagi ini sudah mulai membaur. Belum masih menjadi tahanan titipan kejaksaan, artinya tahanan kejaksaan,” jelas H. Muslim.

Jabal Nur, Sutamin Rembasa dan Yusran akan terus menjalani penahanan di Rutan Klas 2A Kendari hingga putusan pengadilan inkrah.

Jabal Nur, Sutamin Rembasa dan Yusran ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejari Konsel dalam kasus dugaan korupsi dana hibah dan pemotongan dana pembuatan baliho.

Penulis: Kamarudin
Editor: Zainal A. Ishaq

Facebook Comments
loading...