Abdul Rasak & Muhammad Zayat Kaimoeddin
Dua bakal calon Walikota Kendari, Abdul Rasak (kiri) dan Muhammad Zayat Kaimoeddin, terlibat diskusi dalam sebuah kegiatan. Muhammad Zayat Kaimoeddin atau Derik merupakan salah satu calon yang diusung Partai Demokrat di Pilwali Kendari. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tenggara mengirim 15 nama bakal calon (balon) kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada di tujuh daerah di Sultra ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sultra, Kolonel Purn Mura Husen mengaku, 15 nama ini sudah ditetapkan oleh pengurus tingkat provinsi beberapa waktu lalu. Keputusan final ada di tangan DPP.

“Pengurus dan balon akan di panggil di Jakarta oleh pak Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengerucutkan satu nama-nama calon yang diusung di Pilkada 2017,” terang Mura saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis 28 Juli 2016.

Mura menambahkan, nama-nama yang diusulkan ini akan diseleksi langsung oleh SBY sebelum dikerucutkan menjadi satu. DPD PD Sultra juga akan memberikan pandangan mengenai alasan mengusulkan nama-nama tersebut.

Dari tujuh kabupaten atau kota yang menggelar Pilkada 2017, Kota Kendari yang paling banyak diusulkan oleh PD Sultra. Ada tiga calon yang diusulkan, yakni Abdul Rasak, Muhammad Zayat Kaimoeddin, dan Ishak Ismail.

Sedangkan enam daerah lainnya, PD Sultra hanya mengusulkan masing-masing dua nama.

Meski begitu, Mura belum bersedia menyebutkan nama-nama untuk enam daerah itu.

“Biar Kota Kendari dulu yang disebutkan,” katanya.

Menurut dia, partai berlambang mercy ini memiliki penilaian tersendiri untuk mengusung calon. Minimal, calon memenuhi kriteria yang diinginkan Demokrat. Yakni, visi misi dan elektabilitas calon, koalisi partai lain, dan logistik.

“Kalau ada calon yang belum memenuhi koalisi partai, maka tidak bisa diusung. Karena kita masih kurang kursi. Makanya, setiap balon akan ditanyakan tentang komitmen partai koalisinya,” jelasnya.

Mura tidak bisa memastikan kapan keluar rekomendasi Demokrat, namun kata dia, minimal di awal Agustus, rekomendasi sudah diteken oleh SBY selaku Ketua Dewan Pembina PD.

Penulis: Pandi
Editor: Jumaddin Arif Tobarani

Facebook Comments
loading...