nelayan hilang di siompu
Upaya pencarian nelayan hilang di perairan Siompu oleh Basarnas Kota Kendari. (KABARKENDARI/BASARNAS KENDARI)

Kabarkendari.com – La Isu (50 tahun) yang berprofesi sebagai nelayan hingga saat ini masih belum ditemukan tim Basarnas Kendari, sejak menghilang di Perairan Siompu Barat Kota Baubau, pada Sabtu 27 Agustus 2016.

Belum diketahui penyebab pasti hilangnya nelayan yang mencari ikan dengan mengunakan perahu kecil tersebut, namun diketahui, sebelum dirinya turun melaut kondisi cuaca di perairan Siompu Barat hujan disertai badai.

Menurut informasi yang diterima Tim Basarnas Baubau, dipekirakan perahu yang digunakan La Isu digulung ombak saat mencari ikan.

Kepala Bagian Humas Badan SAR Nasional Kendari, Wahyudi, mengatakan sampai saat ini Tim Badan SAR Nasional pada Pos Bau-Bau masih terus melakukan pencarian terhadap hilangnya nelayan yang tengah melaut tersebut.

La Isu hilang sejak Sabtu 27 Agustus 2016. Kata Wahyudi, pencarian telah memasuki hari kelima namun belum membuahkan hasil. Menurut laporan yang diterimanya, korban hilang sekitar 12 mil dari Pelabuhan Siompu.

“Sampai saat ini anggota SAR Pos Bau-Bau masih melakukan pencarian. Kami tidak lagi fokus pada tempat kejadian musibah atau TKM karena kami menduga korban sudah terbawa ombak di lokasi lain,” katanya.

Kabar hilangnya La Isu, lanjut Wahyudi, diinformasikan oleh Kapolsek Siompu Iptu Marjuni. Sesuai informasi, titik koordinat terakhir korban pada 5 40 54.24 S – 122 16 4.09 E. Namun karena beberapa hari terakhir ombak cukup tinggi mengakibatkan tim rescue Pos SAR Bau Bau kesulitan dalam upaya pencarian korban.

“Awalnya, kami mendapatkan laporan kami langsung ke lokasi kejadian, tim rescue Pos SAR Bau-Bau langsung bergabung dengan unsur yang sudah tiba di lokasi lebih dulu. Pencarian hari pertama dilakukan tim SAR gabungan di sekitar lokasi. Namun hingga pukul 18.00 Wita tim SAR gabungan masih belum dapat menemukan tanda-tanda keberadaan korban,” Jelasnya.

Penulis : Kamaruddin
Editor   : Suwarjono

Facebook Comments
loading...