KPU Kota Kendari
Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu bersama komisioner lainnya saat menerima pendaftaran pemantau Pilkada. (KABARKENDARI/PANDI)

Kabarkendari.com ­­­­­­­­­- Data register penyerahan syarat dukungan calon perseorangan atau calon independen pada Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari, pada hari pertama, Sabtu 6 Agustus 2016, masih sepi. Belum ada seorang pun calon yang menyerahkan syarat dukungan.

Anggota KPU Kota Kendari, Ade Suerani, mengatakan penyerahan syarat dukungan dijadwalkan sejak Sabtu 6 Agustus 2016 hingga 10 Agustus 2016. Di hari pertama, kata Ade, belum ada calon perseorangan yang mendaftar.

“Setiap hari kami membuka pendaftaran sampai jam 16.00 Wita. Namun sampai saat ini, belum ada yang datang menyerahkan berkas dukungan dari independen,” ungkap Ade Suerani.

Ade menegaskan bila di batas waktu yang ditentukan tidak ada calon perseorangan maka dirinya memastikan bahwa pesta demokrasi di Kota Kendari 2017 mendatang tanpa ada partisipasi dari calon independen.

KPU Kota Kendari membatasi waktu pendaftaran sampai 10 Agustus 2016. Ade menyebut, jumlah syarat dukungan berupa kartu tanda penduduk atau KTP warga minimal sebanyak 24.368. Kurang dari itu, KPU akan mengembalikan untuk diperbaiki. Bila syarat tersebut sudah memenuhi, KPU Kota Kendari akan melakukan verifikasi keabsahan dukungan.

“Sekarang kan masih jadwal untuk calon perseorangan. kalau dinyatakan lengkap, maka akan mendaftar bersama calon lain pada 19 September 2016 mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya, kandidat calon kepala daerah yang santer maju melalui jalur independen adalah Wakil Wali Kota Kendari Musadar Mappasomba. Bersama timnya, telah mengumpulkan KTP masyarakat sebagai bentuk dukungan.

Penulis: Pandi
Editor: Gendis

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Facebook Comments
loading...